top of page
Search
  • Writer's picturecarlozxoto

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Motor Matic Injeksi Agar Tetap Prima


Motor matic merupakan kendaraan bermotor yang kini sedang marak digunakan di Indonesia karena motor matic ini memang menawarkan kemudah untuk dikendarai. Kemudahan dalam jenis motor ini diantaranya adalah saat mengendarai motor matic ini, kalian tidak perlu melakukan oper gigi ataupun menggunakan kopling untuk mengatur kecepatan.


Hanya dengan mengontrol gas, kalian sudah dapat mengontrol kecepatan saat berkendara. Sangat mudah bukan. Untuk motor matic ini sendiri ada dua jenis, yakni motor dengan mesin biasa dan sistem injeksi. Dimana untuk Motor Matic Injeksi ini diklaim mampu menyemburkan tenaga lebih maksimal namun irit dalam konsumsi bahan bakar.


Maka tidak heran jika motor tipe ini sedikit lebih mahal harganya di pasaran. Karena pentingnya peran dari Motor Matic Injeksi ini, maka kalian perlu melakukan perawatan agar nantinya motor kalian bisa berjalan normal. Tentu dengan melakukan perawatan ini akan memperpanjang usia dari motor tersebut, sehingga memiliki harga jual yang lebih tinggi.


Nah bagi kalian yang berniat untuk membeli motor jenis matic injeksi, kalian wajib nih untuk menyimak 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Motor Matic Injeksi Agar Tetap Prima berikut ini.


Rutin Memanaskan Mesin Sebelum Digunakan

Memanaskan mesin sebelum digunakan menjadi hal yang utama dan harus selalau dilakukan oleh kalian yang memiliki kendaraan apapun baik itu mobil ataupun motor. Tidak kecuali dengan motor matic injeksi ini. Tujuan memanaskan mesin motor matic adalah agar oli mencapai suhu optimal dalam melumasi seluruh bagian mesin sehingga semua komponen mesin bisa bekerja secara optimal.


Kalian hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit hingga akhinya motor siap digunakan. Apabila cara merawat motor matic ini tidak dilakukan, maka bisa berakibat motor menjadi brebet dan terasa kurang bertenaga.


Ganti Oli Secara Berkala Dengan Oli Matic Yang Tepat

Bukan hanya pada motor matic saja pergantian oli secara berkala. Akan tetapi, semua kendaraan baik itu mobil atau pun motor perlu melakuakan ini. Mengganti oli motor Motor Matic Injeksi secara berkala menjadi salah satu cara agar motor kalian tetap dalam kondisi prima dan awet.


Selain itu, penggantian oli ini juga mencegah kondisi mesin motor mengalami overheat yang bisa menyebabkan komponen mesin motor rusak serta membuat pemakaian bahan bakar jadi boros.

Pastikan juga kalian menggunakan oli matic yang berkualitas untuk membuat motor kalian awet. Setiap jenis oli memiliki karakteristik berbeda-beda yang harus disesuaikan dengan spesifikasi motor matic yang dimiliki.


Kalian harus memilih oli dengan tingkat kekentalan yang pas sesuai yang dianjurkan masing-masing pabrikan. Itu artinya kalian tidak boleh sembarangan memilih oli, karena kana sangat berpengaruh terhadap performa dan kesehatan mesin.


Rutin Cek Kondisi Venbelt dan Roller

Motor matic membutuhkan Vanbelt untuk menghubungkan mesin dengan roda. Vanbelt tersebut terbuat dari karet yang sewaktu-waktu bisa putus karena di makan usia. Masa paka Vanbelt sekitar 20.000 sampai 25.000 km. Jadi apabila sudah melewati itu, maka cara merawat motor matic yang paling tepat adalah dengan mengganti Vanbelt. Selain itu, jangan lupa memeriksa kondisi roller yang menjadi satu bagian dengan Vanbelt.


Perawatan Aki

Pasti semua pengendara motor sudah pernah mengalami yang namanya aki ngedrop. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, mulai dari penggunaan aksesoris berlebihan, air aki kurang, hingga usia dari aki. Maka dari itu, pengecekan aki pada Motor Matic Injeksi memang sangat dianjurkan, agar nantinya sistem kelistrikan pada motor kalian bisa bekerja optimal.

7 views0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page